20 October 2010

Kuliner - Ketupat Gulai Pakis, Sumatera Barat


Liputan ke daerah yang belum pernah dikunjungi adalah hal menyenangkan. Walau investigasi yang dihadapi menantang, tapi Sumatera Barat tetap membuat saya tertarik. Nenek saya berasal dari Bonjol, Sumatera Barat..yang entahlah apa ada keturunan Tuanku Imam Bonjol didarah beliau, atau hanya kebetulan ditempat yang sama saja :)

Bicara tentang Sumatera Barat, teringatlah masakan warisan nenek tercinta yaitu gulai daun pakis.Sudah lama saya tidak merasakan makanan tersebut, daaaan.. setelah dijemput dari Bandara, kami berhenti di salah satu warung makan dalam perjalanan menuju Bukittinggi untuk sarapan daaan... saya melihat Gulai Pakis dalam bentuk menakjubkan, Ketupek Gulai Paku atau Ketupat Gulai Pakis!!!

Makanan ini terdiri dari ketupat yang disiram dengan kuah santan daun pakis yang persis dengan buatan nenek, saya baru tahu kalau ketupat ternyata enak juga disantap dengan sayur bersantan ini. Dinikmati dengan ditambah  keripik ubi pedas plus teh manis hangat...nyaaamm enaaak!! God, I Love daun Pakis!! dan bisa ditebak habislah ketupat yang disiram gulai pakis plus keripik pedas dalam sekejap!

0 comments: