04 June 2012

Liburan Berdua Bayi, Kenapa Tidak? ( Jalan-Jalan ke Banda Aceh ) Bagian 1

Kali ini saya dan Diandra, yang berusia 10 bulan melakukan perjalanan udara dari Medan menuju Banda Aceh, meski hanya 45 menit, tapi ini adalah perjalanan udara pertama saya berdua dengan Diandra. Maklum, Bapaknya masih bertugas di Afghanistan.

Perjalanan ini seperti pulang kampung, walau orang tua saya berada di Medan, namun saya pernah tinggal di  Aceh sejak usia 10 tahun sampai sebelum menikah, jadi ya seperti pulang ke rumah ke dua.

Tujuan utama saya ke Banda Aceh adalah menghadiri pernikahan sahabat dekat saya, silaturrahmi dengan adik saya yang tinggal di Banda Aceh dan tentunya menikmati kuliner dan wisata alam Banda Aceh.

Sebenernya ini bukan perjalanan udara pertama kami, sejak usia Diandra 2 bulan dan sejak didalam perut kami sudah terbang bersama Diandra dan Bapaknya , yaa masih penerbangan domestik Jakarta-Medan-Bandung sih :D

Mengambil penerbangan terpagi, memakai pakaian yang nyaman dan mudah untuk menyusui, menyiapkan keperluan si kecil termasuk mainan, cemilan dan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang dimasukkan kedalam ransel andalan, berangkatlah saya dengan gendongan bayi yang terpercaya :D

Alhamdulillah Diandra tidak rewel, karena masih menyusu, paling ketika take off atau hendak landing saya berikan ASI saja :)

Saya sih bersyukur karena sesampai disana ditampung dirumah sahabat baik saya, jadi tidak perlu membawa perlengkapan masak MP-ASI yang selalu harus dibawa pada perjalanan liburan apabila menginap di hotel.

Alhamdulillah perjalanan lancar. Saya dan Diandra bertemu Fany, sahabat saya, suami dan kedua anaknya Shaliha dan Syaafiq, juga Putri, yang sudah seperti adik saya sendiri!

Syafiiiq, Shaliha, Diandra dan Tante Putri


Karena tujuan awal perjalanan ini adalah menghadiri pesta pernikahan sahabat dekat, maka beberapa tempat yang ingin saya kunjungi (kembali) bersama Diandra saya selipkan sesuai urutan kebutuhan, tentunya kuliner menjadi nomer satu untuk saya. Dan beberapa tempat ini mungkin bisa menjadi referensi jika anda berkunjung ke Banda Aceh :)

Kuliner-Tempat Nongkrong Wajib :D

1. Canai Mamak

Berada di Jalan Teuku Umar, Seutui. Disini kita bisa menikmati Canai aneka rasa, Mie Aceh, Teh Tarik yang enak :) itu sih favorit saya hehe


Canai Kari Ayam




Canai Susu Keju




Mie Aceh Seafood


Thanks ya Tante-tante yang udah bawa kita kesini, Diandra doyan tuh Canainya  :D





2. Warung Kopi Jasa Ayah/ Solong

Destinasi wajib pecinta kopi! berada di kawasan Ulee Kareeng. Sebenarnya sudah banyak sih warung-warung kopi baru disana, yang segmentasinya lebih ditujukan kepada anak muda serta menyediakan fasilitas wifi. Namun ini adalah salah satu tempat yang sering saya kunjungi dulu, tentu dengan rasa kopinya yang khas dan kue-kue nya. Tempatnya memang kurang bersahabat untuk anak-anak, karena banyak yang merokok, kalaupun membawa anak-anak duduklah di tempat terbuka di bagian belakang dan datang lah di jam-jam yang bukan jam istirahat.






Favorit saya adalah Sanger (semacam campuran kopi Aceh dan sedikit krim susu) bisa minta yg panas maupun dingin. kemudian ada roti sele, asoe kaya/srikaya, pulut srikaya, timphan, kue jala,  dan kue-kue khas Aceh lainnya :)




Kue Jala dan Sanger Panas



Pulut Srikaya

Asoe Kaya/ Srikaya



3. Martabak  Telur Ayah

Saya dan Fany kabur untuk makan disini setelah anak-anak tidur, sekitar jam 10 malam..tempatnya yang berada di kawasan Peunayong juga agak gelap.. kami memutuskan makan di mobil sambil ngobrol haha. Beberapa malam tiap suaminya Fany, bang Dedy pulang juga selalu nitip martabak ini. Kenikmatannya terletak pada banyaknya acar bawang dan gigitan cabe rawit, nyaaaam


4. Es Campur Afuk

Banda Aceh terkenal dengan cuaca yang panas, dan dengan cuaca seperti itu wajib rasanya mencari yang segar-segar. Ada beberapa penjual es campur yang enak dan terkenal, salah satunya es campur Afuk. Sayapun sempat mencicipi kembali kesegaran es campur ini. Letaknya di Jalan Pocut Baren depan Sekolah Methodist, aseli seger!



Cerita nanti saya lanjutkan bersama dengan foto pernikahan teman saya dan tempat wisata yang saya datangi dan bisa menjadi rekomendasi jika berlibur ke Banda Aceh.


0 comments: