13 January 2017

Cirebon dan Gurihnya Empal Asem

Bismillahi majreha wa mursaha innna robbi la ghofururrahim..
Tadinya perjalanan ini sebenarnya menuju kota Depok tercinta, koper sudah di press sedemikian rupa antara baju yang sudah disetrika dan yang belum. Demikian juga satu tas berisi  baju kotor sudah di tutup dengan rapat, sehingga kalau dibuka mungkin isinya langsung meluber keluar haha

Namun apa dikata ketika ide dari suami untuk belok ke Tol Cipali bak gayung bersambut langsung saya menjawab iya dengan sumringah. Jadilah siang itu kami melanjutkan perjalanan ke Cirebon!
Salah satu jalan tol tersepi yang pernah saya lewati selain Tol Padaleunyi yang dilalui di hari biasa apalagi tanpa truk dan mobil besar karena salah satu pilar di jembatan Cisomang yang retak.

Tol yang sepi dengan pemandangan indah
Pemandangan di tol ini juga bagus, dan tidak membosankan. Ditengah perjalanan temperatur mobil naik, namun kami memutuskan tetap melanjutkan perjalanan perlahan-lahan. Setelah browsing di Agoda untuk penginapan malam ini, kami memutuskan menginap di Aston Cirebon Hotel & Convention Center, boleh dong menginap karena di liburan di Bandung kemaren kami nggak menginap dimana-mana, kebetulan rate nya lagi rendah plus ada potongan harga di Agoda jadi kami dapat harga dibawah rate hotel, Alhamdulillah!

Diandra dan Kirana di lobby hotel

Akhirnya kami tiba di kota Cirebon, saya membuka daftar kuliner di handphone. Empal Gentong dan Empal Asem! Tujuan pertama kami Empal Gentong Haji Apud yang ternyata...tutup! Lalu coba ke Empal Gentong Amarta yang juga tutup, setelah muter beberapa kali akhirnya memutuskan berhenti di Empal Gentong Hj Tasiyah, Kita duduk di lantai satu yang ber AC /Non Smoking area, tempatnya enak dan sepi karena kebetulan sudah lewat jam makan siang, kami memesan empal gentong, empal asem dan sate kambing! rasanya enaak. Anak-anak juga suka ya, karena ternyata empal gentong ini mirip Soto Medan, menurut saya loooh.

Empal Gentong dan Empal Asem Hj Tasiyah
Setelah kenyang kamipun check-in di hotel yang lokasinya tidak terlalu jauh, Selepas magrib kami keluar untuk makan malam, pilihan jatuh ke makanan laut, kami makan ke Rumah Makan H.Moel, parkirnya luas dan tempatnya sebenarnya juga luas, tapi saya kurang menikmati suasananya karena di non smoking area ada 2 meja besar disamping kami yang ditempati keluarga besar yang berisik sekali. Kami memesan ayam goreng untuk anak-anak, cumi bakar dan kepiting soka telur asin. rasanya lumayan.

Cumi Bakar dan Kepiting Soka Telur Asin H. Moel
Pagi hari ketika sarapan saya sempat mencicipi tahu gejrot di restaurant hotel , wah akhirnya saya ngga perlu jauh-jauh nyari tahu genjrot karena bisa makan sepuasnya di hotel hehe

Sarapan Tahu Gejrot di Oasis Bistro-Aston Cirebon
Sebelum pulang, Diandra minta berenang di hotel dan setelah berenang kami bersiap pulang ke Depok. Pulangnya kami sempat singgah ke Empal Gentong dan Empal Asem Amarta, konon sih Amarta adalah pelopor Empal Asem pertama di Cirebon. Ketika kami datang pas waktunya makan siang jadi luar biasa ramai, parkirnya juga agak susah. Kami naik ke lantai satu yang lebih nyaman. Lalu memesan menu yang sama dengan yang kemarin, dan ternyata memang Empal Asemnya lebih enak dari Empal Asem di Hj Tasiyah karena bumbunya lebih terasa. Sedangkan Diandra merasa Empal Gentongnya lebih enak di Hj Tasiyah, well abaikan pendapat kami karena indera pengecap keluarga kita cukup tajam hehe..

Empal Gentong dan Empal Asem Amarta
Alhamdulillah perjalanan kami ke Depok lancar, kali ini memang kami tidak singgah ke wisata alamnya dan tempat bersejarah di Cirebon, insya Allah wisata tersebut masuk daftar jalan-jalan kami selanjutnya, tentunya masih penasaran juga dengan Haji Apud yang masih renovasi dan kuliner lain yang belum tersambangi.  bye Cirebon!

Empal Asem Amarta
Jl. Ir.H.Juanda No. 37, Battembat, Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat 45174, Indonesia

Empal Gentong Hj Tasiyah
Jl. Ir.H.Juanda no.54,  Battembat, Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat 45174, Indonesia

Rumah Makan H. Moel
Jalan Kalibaru Selatan No 39, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123, Indonesia

ferna anindhita said...

Kok ga cobain nasi jamblang? Sambelnya enak tp bayar. Kaget pas dihitung sambal ternyata ada harganya. Hahhahaha.

Sri M. Habibah said...

Oh yaa? haha.. waktunya sempit Fer, insya Allah next time kesana mau nyoba! anyway thanks udah singgah yaa 😘

Unknown said...

Hello hai mbak Bibah,
Dengan Ria (emaknya naila).

Aku biasa kalo makan empal gentong ato empal asem itu di Haji Apud. Biasanya di daerah Plered arah mau ke Trusmi, tapi udah buka cabang juga di jln tuparev cirebon

Kalo nginep biasanya aku di swiss bel in, karena variasi breakfastnya banyak

Sri M. Habibah said...

Halo mbak Ria, next memang kepengen nyoba kelezatan Apud nih..kemaren itu renovasi dia mbak semua cabang tutup. Niatnya pengen main ke Cirebon blm kesampean lagi..boleh tuh nyoba nginep di Swiss Bel! Thanks udah mampir mbak Ria 😘