26 January 2017

Mengapa Harus Berhenti Merokok?

Berat rasanya menulis tentang rokok ini karena masih banyaknya keluarga dekat yang masih menjadi perokok aktif. Namun doa dan harapan untuk bisa mengedukasi dan menggerakkan hati para perokok dari kalangan luar atau keluarga tercinta menguatkan saya, mohon maaf jika tidak berkenan,  no hard feeling yaa :)

Saya sendiri berasal dari keluarga yang tidak merokok, Bapak sama sekali ngga pernah merokok apalagi didepan anak-anaknya, jadi ketika saya waktu muda pernah mencoba pun akhirnya tidak pernah jadi nagih sampai harus ada usaha berat untuk meninggalkannya.

Saya tidak suka asap rokok, cukup sensitif untuk tau apakah ada asap rokok yang ada di ruangan, bau asap rokok yang menempel di kulit seseorang, pakaian, bantal, seprei, sofa atau gorden. Waktu kecil ketika usia saya 7 atau 8 tahun atau kira-kira kelas 3 SD (saya masuk SD usia 5 tahun), saya bersama Bapak dan saudara saya berkunjung kerumah Simbah di Klaten, Jawa Tengah. Dari Medan menuju Jawa Tengah kami naik bus AC ALS (Antar Lintas Sumatera), kami naik bus untuk menghemat biaya, karena naik pesawat waktu itu mahal, apalagi kami berlima waktu itu, Walah kebayang biaya pulang pergi naik pesawat. Tapi syukurnya ketika pulang dari Jawa ke Medan kami naik pesawat!

Kembali ke cerita di bus, didalam bus itu ada yang merokok, kebayang kan AC dan asap rokok menyatu diruangan tertutup? selama 3 hari saya tidak bisa menikmati perjalanan sama sekali, mual muntah dan tertidur lemas di paha Bapak saya. Kasihan juga Bapak pasti kakinya kram. tapi saya tidak sanggup duduk sama sekali, hiks.

Selain itu waktu kecil saya juga mengidap asma (Alhamdulillah sekarang sembuh), jadi bertambah beratlah status saya sebagai perokok pasif 3 hari di dalam bus itu.

Walau suami saya tidak merokok, namun anak saya, Diandra juga pernah menderita radang paru-paru di usia setahun, sempat dirawat beberapa hari dirumah sakit, Alhamdulillah sembuh. Penyebabnya? banyak , kemungkinan menjadi secondhand smoke  atau karena thirdhand smoke itu ada. Dan sampai sekarang Diandra jadi sangat sensitif sistem pernafasannya.

Apa Itu Perokok Pasif?

Perokok pasif atau Second Hand Smoke (SHS) yaitu seseorang atau lebih yang tidak merokok secara langsung namun menghirup asap rokok dari orang-orang yang merokok di sekitarnya. Meskipun tidak merokok, perokok SHS bisa terkena resiko penyakit 3 kali lebih besar dari perokok aktif.

sumber : stampoutsmoking.com
Bayi dan balita lebih beresiko dibanding orang dewasa karena saluran pernafasan mereka yang kecil dan sistem imun yang masih berkembang. Saluran pernafasan yang kecil akan membuat anak akan lebih sering bernafas, dan itu membuat lebih sering menghisap asap rokok jika disekitarnya ada yang merokok.

Anak-anak dan perempuan juga tanpa kita sadari seringkali menjadi perokok pasif ketika orang tua/ suaminya merokok didekat mereka, seseorang akan menjadi perokok pasif ketika mereka terpapar atau menghirup asap rokok yang dihembuskan dari perokok aktif.

Harus diakui bahwa tingkat kesadaran kolektif kita akan bahaya asap rokok masih kalah jauh dianding negara-negara maju. Meski demikian, para orangtua terutama diharapkan menjadi pelindung bagi anak dan istrinya dari bahaya asap rokok, mengingat dampak negatif yang ditimbulkan asap rokok sangat nyata. Hasil penelitian menunjukkan, dalam sebatang rokok, terdapat lebih dari 4000 zat kimia, dimana 60 diantaranya terbukti menjadi pemicu kanker bagi manusia.

Terdapat bukti yang menghubungkan SHS dengan penyakit-penyakit berat lainnya. Paling sedikit ada 35 macam penyakit yang berhubungan dengan prilaku merokok, mulai dari yang berat sampai ringan seperti bau mulut, perubahan warna gigi sampai yang serius seperti lymphoma, leukimia, tumor otak pada anak-anak, kanker larynk (kotak suara), kanker mulut, kanker pankreas, kanker payudara, penyakit jantung koroner dan peningkatan resiko stroke. 

Bahaya Asap Rokok Pada Perempuan dan Anak

Bagi Ibu hamil asap rokok berbahaya bagi janin karena dapat meningkatkan resiko placenta pravia, keguguran (miscariage), janin meninggal di dalam kandungan (stillbirth) dan kehamilan ectopic.
Menghirup asap rokok dapat menurunkan kadar oksigen yang tersedia bagi ibu dan bayi, meningkatkan detak jantung bayi, meningkatkan kecenderungan bayi lahir dengan berat badan rendah atau lahir prematur. Terdapat juga kasus dari orang tua yang merokok sebelum hamil lalu setelah melahirkan memiliki bayi dengan pengakit hepatoblastoma.

sumber : panjimas.com
Khusus bayi dan anak-anak SHS, bahaya asap rokok adalah sebagai berikut:
1. Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), resikonya meningkat pada bayi yang ibunya merokok.
2. Asma,  SHS dapat memicu asma pada anak penderita asma.
3. Masalah pernapasan, seperti batuk, batuk rejan, bronchitis, dan pnemonia.
4. Terhambatnya perkembangan paru-paru.
5. Meningitis.
6. Leukimia
7. Ototis Media/ Infeksi Telinga Tengah.
8. Iritasi mata dan hidung.
9. Meningkatkan kecenderungan anak kelak akan menjadi perokok.


Amankah Merokok Saat Tidak Ada Orang?

Pernahkah mendengar istilah Third Hand Smoke (THS)?. Istilah ini pertama kali muncul tahun 2006 tapi baru dikenal luas tahun 2009 ketika Jonathan Winickoff, Seorang Associate Proffesor of Pediatric di Harvard Medical School dan koleganya mempublikasikan paper mengenai bahaya THS. THS adalah racun berbahaya, yaitu kontaminasi residu dari tembakau yang tidak terlihat (tapi masih dapat tercium), yang menempel pada kulit, rambut, baju perokok aktif termasuk area yang terpapar asap seperti permukaan karpet, kasur, bantal, sofa, gorden dll. Jadi walaupun kita merokok saat tak ada orang, namun asap rokok/ residu ternyata bisa menempel dimana saja.

sumber : pinterest.com
Komponen THS yang telah diidentifikasi saat ini adalah nicotine, 3-entenylpyridine (3-EP), phenol, cresols, naphthalene, formaldehyde, dan tobacco-specific nitrosamines ( Destaillats et al. 2006;Singer et al. 2002, 2003, 2004; Sleiman et al. 2010b)

Penelitian tahun 2002 menemukan bahwa racun-racun ini dapat kembali terlepas di udara dan bergabung membentuk senyawa berbahaya dalam kadar tinggi dalam waktu yang lama setelah perokok meninggalkan ruangan tersebut. Menurut Surgein General's Report tahun 2006, tidak ada ambang batas aman dalam menghirup atau terpapar asap rokok.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan bulan February 2010 menemukan bahwa THS menyebabkan pembentukan karsinogen. Nikotin dapat berada di permukaan selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu, jadi karsinogen terus terbentuk sepanjang waktu, yang kemudian dapat dihirup/ tertelan dan kemudian diserap tubuh.

Siapakah yang paling beresiko terpapar THS ini? Tentu saja anak2 ! Bayi dan anak-anak sangat rentan terkontaminasi karena mereka tidak dapat mengontrol memasukkan tangan ke dalam mulut mereka pasca menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Oleh karena itu sangat penting dan mendesak sekali untuk menyediakan tempat bebas asap rokok dan di tempat umum disediakan tempat khusus untuk merokok. 


Bagaimana Menghindari SHS (Secondhand Smoke) dan THS (Third Hand Smoke)?


1 Mintalah tamu yang merokok untuk Merokok di Luar Rumah dan menggunakan jaket sehingga racun-racunnya tidak menempel langsung di baju. (kemudian jaket diletakkan di luar rumah)

2. Jika ada yang merokok buka jendela, nyalakan kipas angin agar aliran udara mengalir dengan baik dirumah dan ruangan tempat kerja.

3. Tidak menyediakan asbak didalam rumah.

4. Seluruh anggota keluarga yang merokok dilarang merokok didalam rumah, boleh masuk kerumah setelah merokok, kemudian wajib sikat gigi, mandi dan ganti baju. Bila tidak bisa, usahakan untuk mencuci tangan, sikat gigi dan ganti baju.

5. Bila bertamu dan kemudian ada anggota rumah tersebut yang merokok, Mintalah untuk melakukan pembicaraan diluar rumah, Jika tidak bisa, cobalah memperpendek waktu bersilaturrahmi-jika memungkinkan.

6. Jika tempat anda bekerja diizinkan merokok, bicaralah ke HRD tentang memodifikasi aturan merokok di tempat kerja, paling tidak mengupayakan satu ruangan khusus merokok.

7. Pilihlah bekerja dengan orang yang tidak merokok-jika memungkinkan.

8. Tidak mengizinkan orang lain merokok di mobil kita.

9. Bicara langsung dengan sopan kepada perokok untuk tidak merokok jika berada dalam satu ruangan/angkutan umum.


sumber : gdc.gov


Fatwa dan Pendapat Ulama Tentang Rokok

  1. "Rokok diharamkan bagi anak-anak, remaja, wanita hamil. Merokok di tempat umum juga haram," ujar Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI Ali Mustafa Ya'qub menjelaskan hasil Ijtima' Ulama Fatwa III MUI di Kabupaten Padang Panjang, Padang, Sumatera Barat. https://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fnews.detik.com%2Fread%2F2009%2F01%2F25%2F212835%2F1074152%2F10%2Fmui-rokok-haram-untuk-anak-remaja-wanita-hamil-dan-di-tempat-umum&h=bAQGbFTdG
  2. (This article was first published in JIMA (Journal of Islamic Medical Association, Volume 15, and No.4, 1983. The author holds the unique distinction and honor to be the first Muslim Scholar in the world to declare Smoking is Haram. He did with full conviction and courage. Twenty years later the Ulama have realized the truth and every Muslim country in the world is following suit by declaring Smoking is Haram.) For the foregoing reasons and for reasons considered elsewhere smoking is Haram or unlawful in Islam, hence smoking should be discouraged and finally banned in all Islamic countries.  All smoking Muslims should give up this unhealthy and un-Islamic activity. The best way to give it up is to stop all smoking completely. http://www.irfi.org/articles/articles_51_100/smoking_is_haram.htm
  3. Sudah jelas berbahaya, Hukum  Rokok Pasti Haram : http://kesehatanmuslim.com/sudah-jelas-berbahaya-hukum-rokok-pasti-haram/



Sumber:



4 comments:

Hilman said...

Tulisannya semoga mengedukasi kita semua ya! Keep writing :)

Sri M. Habibah said...

Aamin. Makasih ya say, ditunggu juga tulisan kamu selanjutnya 😘😘😘

ferna anindhita said...

Believe or not kak dsni malah ngerokoknya di dlm mol coba -____-. Apalagi di food court abis makan pada ngebul semua.

Sri M. Habibah said...

aih itu Mol paling besar di Pekanbaru begitu? di Depok pun msh ada mal begitu, kadang bukannya sombong kl main ke Mol gede d Jkt, ya dijamin bebas asap dan toiletnya super bersih.